You are here: HomeHumas Takalar
Humas Takalar

Humas Takalar

Friday, 02 February 2018 03:52

UPACARA PEMBUKAAN PEKAN OLAHRAGA

Bupati Takalar H. Syamsari Kitta,S.Pt.,MM Pimpin Upacara Pembukaan Pekan Olahraga di Lapangan H. M. Dg. Sibali Takalar. Dihadiri Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg.Se're, S.Sos serta Anggota Forkopimda Takalar. Jum'at, 02 Februari 2018.

Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan bahwa pertandingan olahraga ini dalam rangka menyambut hari jadi kab. Takalar ke-58. Selain itu, pekan Olahraga dilakukan agar terbangun kompetisi di dalam jiwa para peserta, yang tentunya dengan memiliki kekompakan dan rasa enjoy. Beliau berpesan kepada para peserta agar dalam menikmati hidup itu harus sehat. Selain itu, Melalui momentum ini peserta dapat mengasah bakat dan keahlian yang ada agar bisa mengharumkan nama bangsa dan negara khususnya Kabupaten Takalar.  Dengan melakukan olahraga, para peserta muda dapat menjadi sehat dan tumbuh menjadi seorang pemimpin yang memiliki akal dalam menyelesaikan suatu masalah.

Kadispora Takalar Drs. H. Asrullah Syam selaku ketua panitia penyelenggara dihadapan Bupati Takalar melaporkan kegiatan pekan olahraga terlaksana atas kerjasama Pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Kab. Takalar. Dilaporkan pula ada beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan seperti Futsal, Lomba Lari 5 km, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, Catur, Pencat Silat, Tinju dan Karate.

Upacara diawali senam massal yang diikuti Bupati Takalar, Wakil Bupati Takalar, para Anggota Forkopimda, para Pimpinan OPD se-Kab. Takalar serta para atlet dan siswa siswi tingkat SD, SMP dan SMA tingkat Kab. Takalar

Usai upacara, penyelenggara menampilkan atraksi Pencak Silat, Seni Bela Diri dan tinju dari Lipang Bajeng Boxing Takalar. Dilanjutkan dengan Lomba Lari 5 km yang diikuti oleh perwakilan sekolah se- Kab. Takalar yang dilepas secara resmi oleh Bupati Takalar didampingi Wakil Bupati Takalar.

(Dok. Humas & Protokol)

Saturday, 27 January 2018 07:23

IDI TAKALAR SILATURRAHMI DENGAN BUPATI TAKALAR

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang kabupaten Takalar silaturahmi dengan Bupati Takalar H. Syamsari Kitta, S.Pt.,MM di Baruga Kalabbirang Rumah Jabatan Bupati Takalar, Sabtu, 27 Januari 2018.

Pertemuan Bupati Takalar bersama IDI Cabang Takalar selain silaturahmi, juga membahas tentang peningkatan pelayanan oleh dokter yang tergabung dalam ikatan IDI.

Ketua IDI kabupaten Takalar dr. H. A. Munir M,Kes, menyampaikan rasa syukurnya apresiasi yang kepada Bupati Takalar atas kesempatan yang diberikan kepada IDI untuk bertemu dan audens dengan Bupati Takalar. Ia melaporkan bahwa untuk saat ini, dokter yang bertugas melayani kesehatan masyarakat Kabupaten Takalar sebanyak 57 orang yang terdiri dari dokter umum PNS di RSU Takalar sebanyak 27 orang, dan 22 dokter Umum PNS 15 puskesmas kecamatan se- kabupaten Takalar.

Dihadapan Bupati, IDI menyatakan dukungan siap membatu pemerintah Daerah mensukseskan program Bupati dan wakil Bupati Takalar untuk membangun Kabupaten Takalar yang maju, unggul dan sejahtera terutama di bidang pelayanan Kesehatan.

Sementara Bupati Takalar sangat menyambut baik IDI Cabang Kabupaten Takalar, ia juga mengucapkan terim kasih kepada IDI yang telah bersabar selama bertahun-tahun mengabdikan diri melayani masyarakat Takalar memberikan pelayanan kesehatan.

Bupati juga menyampaikan bahwa selaku pemerintah daerah sebagai ucapan terima kasih kepada IDI Cabang Takalar yang telah berupaya maksimal melayani warga takalar, tentu sebagai timbal baliknya, pemda juga akan lebih memperhatikan para dokter, terutama dari sisi Jasa pelayanannya, untuk itu nanti kita lihat sejauh mana kemampuan daerah untuk memenuhi jasa medis para dokter kita.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Pemerintah Kab. Takalar melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Takalar melaksanakan Sosialisasi Pemantauan Sumber Daya Alam (SDA) & Kesenjangan Ekonomi dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kab. Takalar DR. Ir. H. Nirwan Nasrullah, M.Si mewakili Bupati Takalar H. Syamsari Kitta, S.Pt.,MM di Gedung PKK Kab. Takalar, Senin, 29 Januari 2018. Sosialisasi yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar DR. Hj. Irma Adriani, S.Pi., M.Si mengangkat tema yaitu "Pemantauan Sumber Daya Alam dan Kesenjangan Perekonomian".

Kepala Kesbangpol Takalar Muh. Alwi, SH.,MM selaku Panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan Sosialisasi berlangsung sehari dengan jumlah peserta kurang lebih 50 peserta terdiri dari para Camat se- kab. Takalar, para Staf yang membidani Perekomian dan LSM dengan maksud dan untuk menjaga stabilitas perekonomian di Kab. Takalar. Adapun Pemateri dalam sosialisasi adalah Ketua Kepala Bagian Ekonomi Setda Kab. Takalar.

Sekda Takalar dalam arahannya mengatakan bahwa Kab. Takalar mempunyai potensi Sumber Daya Alam yang sangat melimpah dan perlu mendapatkan perhatian oleh semua pihak. untuk itu kita harus bekerja bersama-sama untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Daerah kita ini untuk mewujudkan Takalar yang Unggul, Sejahtera dan Bermartabat.

Lanjut dikatakan Potensi SDA yang dimiliki perlu dikelola secara baik yang nantinya bisa dijadikan sektor unggulan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kab. Takalar.

Dijelaskan pula yang tidak kalah pentingnya dilakukan untuk memacu pertumbuhan perekonomian daerah adalah kemampuan pemerintah daerah untuk memanfaatkan berkah dari alam berupa kekayaan SDA dan letak geografis yang strategis, bentuk pemanfaatan dapat terwujud dalam bentuk regulasi yang jelas dan tegas untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dan dunia usaha agar dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif, transparansi kebijakan termasuk pengelolaan keuangan pemerintah daerah, pembentukan kelompok pengembangan ekonomi daerah dan pengelolaan data statistik yang lebih up to date, dengan data-data yang baik akan mempermudah dalam merumuskan kebijakan perekonomian daerah kedepan.

Beliau berharap dengan sosilisasi ini kita diberi pemahaman terkait SDA sehingga kita mampu memonev, mengawasi dan mengetahui potensi serta pemanfaatan dan distribusinya sesuai dengan tupoksi masing-masing.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PPK) Kabupaten Takalar, DR. Hj. Irma Andriani, S.Pi.,M.Si memberikan bantuan berupa kebutuhan rumah tangga bagi korban bencana banjir yang terjadi beberapa hari lalu. didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Takalar, Muhammad Rusli memberikan bantuan untuk 50 orang di Kelurahan Pa'bundukang, Kecamatan Polongbangkeng Selatan. kamis, 25 Januari 2018

Istri Bupati Takalar ini menyebutkan, kegiatan sosial tersebut merupakan bagian dari rangkaian Peringatan HUT Pemkab Takalar Tanggal 10 Februari mendatang yang berpusat di Kecamatan Gelesong. "Yang kami berikan berupa Gula, Mie Istan, Ikan Kaleng, Minyak Goreng, Paket Sandang dan Paket Kesehatan," ungkap Irma Andriani yang juga Dosen Universitas Hasanuddin Makassar.

Usai memberikan bantuan, tak lupa juga ia menitipkan pesan kepada warga untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah disembarang tempat agar tidak terjadi penyumbatan yang menyebabkan kebanjiran.

"Kami harap warga menjaga kebersihan, lalu sampahnya dibuang ketempat pembuangan yang tidak mengalami penyumbatan agar tidak berdampak pada kebanjiran," seruan Irma Andriani kepada warga.

Diakhir penyerahan, salah sorang warga yang menerima bantuan merasa terbantu dengan adanya paket yang diberikan oleh ketua PKK Kabupaten Takalar.

"Alhamdulillah, kami merasa terbantu, dan kami juga berterima kasih kepada Ibu Bapak Bupati atas bantuannya, semoga bernilai ibadah," ungkap rasa syukur warga tersebut.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Friday, 26 January 2018 06:29

HGN KE-58 DIGELAR

Telah diselenggarakan Hari Gizi Nasional (HGN) ke 58 Tingkat Kab. Takalar di Lapangan H. M. Dg. Sibali diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Takalar melalui Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Kab. Takalar dibuka secara resmi oleh Bupati Takalar diwakili Sekda Takalar DR. Ir. H. Nirwan Nasrullah, M.Si. Jum'at, 26, Januari 2018.

Sekda saat membuka secara resmi HGN dalam sambutannya mengatakan diantaranya bahwa dengan adanya momentum HGN ke 58 ini, kita dapat bersama-sama melakukan langkah strategis memperbaiki status gizi masyarakat dengan menurunkan stunting, sebagai investasi bangsa untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Beliau berharap agar pemerintah dan seluruh masyarakat dapat bekerja bersama secara terintegrasi untuk mencegah stunting dengan fokus pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

 

Pada kesempatan yang sama Sekda juga Berharap kepada seluruh stakeholder untuk tetap mendukung kegiatan Bupati Takalar terkait dengan program prioritas, diantaranya GEMA TASAMARA’.

Ketua Tim Penggerak PKK kab. Takalar DR. Hj. Irma Andriani, S.Pi.,M.Si pada kesempatan yang sama pada kesempatan tersebut sangat mengharapkan ada juga lauk dari rumput laut untuk lebih memperkenalkan masyarakat. Dan diharapkan Ke depan bisa diprogramkan agar semua berbau rumput lauk dan menerapkan makanan yg berbau rumput laut sehingga rumput laut yang merupakan salah satu komunitas unggulan Takalar selain jagung dapat membudaya.

Ketua Panitia PERSAGI Takalar Ruslan Ali dalam laporannya mengetakan bahwa pada HGN Kab. Takalar tahun ini mengangkat Sub tema : Mewujudkan Kemandirian keluarga dlm 1000 Hari Pertama kehidupan (HPK) untuk pencegahan stunting dengan tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kerja bersama antara pemerintah, baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam pembangunan pangan dan gizi, meningkatkan keterlibatan praktidi kesehatan dan non kesehatan serta mitra pembangunan dalam bidang kesehatan, meningkatkan peran media massa dalam kampanye tentang stunting serta meningkatkan peran citizen journalisme dalam isu pencegahan stunting untuk memerangi kemiskinan di indonesia.

HKN ke 58 ini diawali dengan senam massal dan pemotongan tumpeng oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Takalar didampingi Sekda Takalar dan Kadis kesehatan.

Kepala Kementerian Agama Kab. Takalar, para pimpinan OPD, para kepala Puskesmas serta seluruh Anggota PERSAGI kab. Takalar hadir dalam giat tersebut.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Thursday, 25 January 2018 05:43

DPRD PATIH KUNKER DI TAKALAR

Sekretaris Daerah Kab. Takalar DR. Ir. H. Nirwan Nasrullah, M.Si mewakili Bupati Takalar menerima rombongan Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Patih Prov. Jawa Tengah di Ruang Rapat Pimpinan Lantai III Kantor Bupati Takalar. Kamis, 25 Januari 2018.

Pimpinan rombongan Komisi A DPRD Kab. Patih Adji Sudarmaji, SH.,MM menyampaikan maksud dan tujuan Rombongan Kunker yang membidangi Hukum dan Pemerintahan ini bahwa untuk mengetahui terkait dengan kedisiplinan kepegawaian karena menurut pemerintah Kab. Patih, Kab. Takalar sudah melesat sedemikan maju di bidang kedisiplinan kepegawaian. Selain itu, Pemerintah Kab. Patih juga ingin mengetahui kedisiplinan tentang TPP, bidang inspektorat dan di bidang ketertiban yang ditangani oleh Satpol PP.

Sekda saat menerima Kunker rombongan mengatakan bahwa kedatangan Pemerintah Kab. Patih ini untuk menyambung silaturrahim dengan  pemkab Takalar. Beliau mengatakan pula bahwa ada kelebihan yg bisa dilihat di Takalar dalam hal organisasi dan kepegawaian. Diharapkan dengan adanya kunker ini dapat saling sering di bidang  pembangunan antar pemda Takalar dan kab. patih.

Pada kesempatan tersebut Beliau juga membahas sekitar tentang Kab. Takalar tentang Luas wilayah, jumlah penduduk, kondisi sosial ekonomi serta komunitas unggulan yang ada di kab. Takalar.

Kepala inspektorat Takalar, Kabag. Ortala Setda. Serta dari Dinas Perdagangan Kab. Takalar juga turut hadir dalam penerimaan kunker.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Wednesday, 24 January 2018 05:32

KONSULTASI PUBLIK RPJMD

Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar telah berlangsung acara Konsultasi publik rancangan awal RPJMD tahun 2017-2022 yang dihadiri oleh seluruh Pimpinan OPD Se-Kab. Takalar, Inspektur Kab. Takalar dan Kepala Bappeda Kab. Takalar. Rabu, 24 Januari 2018.

H. M. NASIR RAHMAN saat melaporkan rancangan awal RPJMD di hadapan Bupati Takalar dan Pimpinan OPD mengatakan Konsultasi Publik RPJMD ini  merupakan amanat dari peratutan menteri dalam negeri no 86 tahun 2017 bahwa rancangan awal RPJMD adalah proses dalam mendukung visi dan misi dari Pemerintah Kab. Takalar Tahun 2017-2022 secara Sinergi tentang Program Pembangunan Daerah.

Bupati takalar H. Syamsari Kitta, S.Pt.,MM dalam sambutannya mengatakan bahwa seluruh OPD harus bekerja secara maksimal dan saling membantu dan jangan ada yang ego sektoral dalam diri masing-masing OPD. Mewujudkan pembangunan yang sinergi, konfrehensif, dan berkelanjutan, serta yang paling penting adalah pembangunan yang di unggulkan dengan masyarakat yang tangkasa dan gammarak sehingga program dari pemerintah dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Wednesday, 24 January 2018 05:29

TAKALAR MENJADI KABUPATEN JAGUNG

Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Pertanian Kab. Takalar mengadakan Panen Raya Jagung dan Pencanangan Takalar Sebagai Kabupaten Jagung di Dusun Bontobaddo Desa Timbuseng Kec. Polut, Rabu, 24 Januari 2018.

Panen Raya ditandai dengan Panen Raya Dan Penandatanganan Rencanan Tanam Jagung di Kab. Takalar Tahun 2018 Oleh Bupati Takalar H. Syamsari Kitta, S.Pt.,MM bersama Kabid Ketahanan Pangan Prov Sulsel, Dandim 1426 Takalar, Polres Takalar, Kajari Takalar, Sekda Takalar, Kepala BPS, dan Kadis Pertanian serta Balitsereal.

Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan untuk mewujudkan Kabupaten Takalar sebagai penghasil jagung terbesar di Sulawesi selatan diperlukan kerjasama semua pihak yang terkait dan peranan masyarakat petani. Untuk itu Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat petani agar memanfaatkan seluruh lahan yang tersedia untuk ditanami sehingga tidak ada lagi lahan yang kosong atau lahan tidur di Kabupaten Takalar. Beliau merencanakan Kabupaten Takalar menjadi daerah penangkaran Benih Jagung sehingga kebutuhan bibit jagung dapat terpenuhi.

 

Kadis pertanian dalam laporannya mengatakan luas lahan secara keseluruhan di kabupaten takalar seluas 23.848,5 ha dimana lahan irigasi seluas 6.081 ha, tanah hujan 10.792,5 ha, kebun 6.220 ha, dan ladang seluas 755 ha. Potensi lahan tersebut nantinya harus digali dan dimanfaatkan agar pencanangan ini dapat tercapai sesuai dengan harapan kita bersama. Luas tanam jagung untuk tahun 2017 seluas 9. 643 ha dan di tahun 2018 ini akan meningkat seluas 21.640 ha. Dan produksinya mencapai 64,80 kuintal per ha nantinya di tahun 2018. 

Jagung merupakan komoditas tanaman pangan yang memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Jagung tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan tetapi juga digunakan sebagai bahan pakan dan industry, oleh karenanya itu pemerintah melalui kementrian pertanian telah menetapkan program dalam pembangunan pertanian komoditas prioritas termasuk jagung

Lanjut arahan kadis pertanian mengatakan pencanangan “Takalar Sebagai Kabupaten Jagung” sangatlah realistis dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan program pemerintah utamanya dalam menyediakan pakan ternak bagi 1 ekor sapi perkeluarga.

Turut hadir Dalam Panen Raya dan Pencanagan Tersebut Kabid Produksi Tanaman Pangan Prov Sulsel, Kepala BPS Takalar, Forkopimda, Sekda Takalar, Balitsereal, Pimpinan OPD, para Camat, para Kades dan Lurah Se- Kab Takalar, PPL dan THL serta tokoh masyarakat.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Wednesday, 24 January 2018 05:28

EDP SLIBE FM DIGELAR

Telah berlangsung Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) Lembaga penyiaran publik lokal jasa penyiaran radio, Radio Suara Lipang Bajeng yang akrab disapa oleh pendengar "Slibe Fm" diselenggarakan oleh Pemda Takalar melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Takalar di ruang pola kantor Bupati Takalar. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Takalar  H. Achmad Dg. Se're, S.Sos. Rabu, 24 Januari 2018.

Wakil Bupati Takalar  pada kesempatan tersebut saat membuka secara resmi EDP menjelaskan bahwa yang paling utama adalah silaturahmi dan salah satu indikatornya agar lembaga penyiaran bisa terakses sampai ke desa. Beliau juga menekankan agar kita bersatu untuk memajukan Kab. Takalar dari berbagai bidang.

Sementara itu, Ketua KPID Prov. SulSel Mattewakkang, S.Ip.M.Si mengatakan bahwa EDP merupakan balai monitor provinsi, kominfo dan polres untuk melihat dampak yg ditimbulkan dari penyiaran. KPID sulsel 2017-2020 sangat perhatian terhadap penegakan UUD penyiaran baik dalam proses perizinan maupun penyiaran. Lanjut dikatakan, penegakan hukum penyiaran juga harus ditegakkan.

Diharap EDP dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat merespon positif sehingga ke dapan KPID bisa mengambil keputusan dengan jernih dalam rangka memberikan kelayakan kepada Radio Lipang bajeng.

Direktur Utama Slibe FM Sirajuddin Saraba, S.Sos.,M.Si juga melaporkan, ada beberapa aspek terkait yaitu  aspek penilaian lembaga penyiaran Publik Lokal Slibe adalah media pemerintah yang bisa menjadi alat kontrol sosial dan wahana informasi bagi pemda untuk memberikan informasi pembangunan. Ada beberapa misi yang dikedepankan yaitu melaksanakan kontrol sosial, memberikan pelayanan informasi dan hiburan dan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam acara Dirangkaikan dengan penandatanganan fakta integritas Lembaga penyiaran publik lokal radio suara lipang bajeng  dan penandatanganan berita acara EDP oleh direktur utama Slibe FM dengan anggota KPID prov. Sulsel disaksikan dari Polres Takalar dan dari Balai Monitor Frekwensi radio Prov.SulSel.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Kominfo Kab. Takalar, Kabag. Humas dan Protokol Setda. Kab. Takalar bersama staf dan beberapa Anggota KPID, serta perwakilan OPD terkait.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Wednesday, 24 January 2018 05:18

PEMBINAAN PIPEDES KAB. TAKALAR TAHUN 2018

Telah dilaksanakan Pembinaan Pos Informasi Pedesaan (PIPEDES) yang dilaksanakan Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Takalar yang dibuka secara langsung oleh Asisten III Setda Kab. Takalar mewakili Bupati Takalar H. Syamsari Kitta, S.Pt.,MM di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Rabu, 24 Januari 2018.

Kabag Humas dan Protokol Drs. Muh. Syahrir dalam laporannya mengatakan kegiatan berlangsung sehari dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang terdiri dari pimpinan OPD terkait dan para Imam Desa/Kelurahan Kab. Takalar.

Asisten III dalam arahnnya mengatakan bahwa pemerintahan yang baru sangat gencar dalam Memajukan Pembangunan di Kab. Takalar dan birokrat juga harus mengencangkan kegiatan sesuai dengan tupoksi masing-masing. Beliau juga menjelaskan pula tentang 22 program dan Visi Misi Bupati Kab. Takalar.

Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai wahana penggerak partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Gerakan Masyarakat Takalara Tangkasa na Gammara (GEMA TASAMARA'). Diharapkan agar para Imam Desa mensosialisasikan kemasyarakat tentang 22 Program Kab. Takalar dan dihimbau pula untuk selalu menjaga kebersihan demi mensukseskan GEMA TASAMARA'. Pemerintah Daerah berkomitmen bagaimana kita bersama-sama mengawal dan mensukseskan Program Bupati Takalar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kominfo Kab. Takalar, Kabag Kesra Setda Kab. Takalar, dan beberapa Pimpinan OPD terkait.

 

(Dok. Humas & Protokol)

Page 1 of 100

Social Facebook

Social Twitter

Alamat Kantor

Jalan Jend. Sudirman No. 26 Takalar 92212
Telp. (0418) 21116, 21132
Fax. (0418)21105
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.