You are here: Home

PLTS SIAP DIGUNAKAN DI PULAU TANAKEKE KAB. TAKALAR Featured

Published in Pemerintahan
Written by  09 February 2018
Rate this item
(0 votes)

Dari tahun – ketahun lampu teplok dan genset sudah menjadi sahabat bagi mereka yang berada Pulau Tanakeke Desa Balang Datu Kec. Mapsu Kabupaten Takalar. Pemerintah melalui Kementrian Ekonomi Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal  Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) menggulirkan Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di balang datu. Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya diresmikan oleh Ditjen EBTKE Ir. Rida Mul Yana, msc di Dampingi Sesditjen EBTKE Wawan Supriatna dan Bupati Takalar yang di Wakili Oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar Dr. Ir. H. Nirwan Nasrullah, M. si, Perwakilan DPR RI komisi VII, Muktar.

Proyek Pembangunan PLTS terpusat di beberapa Propinsi di Indonesia diantaranya lima PLTS terpusat di Kabupaten Takalar Propinsi Sulawesi Selatan, dengan total kapasitas  yang terpasang  sebesar 260 KW.

Ditjen EBTKE Ir. Rida Mul Yana, msc mengatakan Dengan makin terbatasnya cadangan energi fosil kita, maka optimalisasi penggunaan energi alternatif merupakan suatu keharusan yang perlu dimasyarakatkan secepatnya. Indonesia sebagai negara tropis yang berkelimpahan sinar matahari memiliki peluang besar untuk memanfaatkan energi alternatif Pembangkit Listrik Tenaga Surya, energi alami terbarukan yang hijau bebas polusi.

Lanjut dikatakan Ditjen EBTKE dengan memprioritaskan daerah – daerah pulau sebagai tempat pembangunan pembangkit listrik tenaga surya, disamping menambah daya listrik yang telah ada juga usaha untuk memasyarakatkan penggunaan energi hijau terbarukan kepada masyarakat luas dan pelestarian lingkungan di daerah dan sekitarnya dapat tercapai.

Sekda Takalar dalam sambutannya mengatakan dengan peresmian pembangkit listrik tenaga surya ini diharapkan dapat membantu kebutuhan listrik yang kurang terjadi selama ini. Mimpi warga selama ini, kini menjadi kenyataan, yang dulunya masih gelap kini sudah menjadi terang dengan adanya listrik tenaga surya (PLTS).

Sekda berharap dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini dapat dipergunakan dengan seefisien mungkin sesuai dengan apa yang dbutuhkan dan apa yang mau dipergunakan “ucapnya”.

Turut Hadir dalam Peresmian Sesditjen EBTKE, kepala bagian keuangan ditjen EBTKE  , Kasubdit kelaikan instalasi dan keselamatan tenaga listrikan, Asisiten Ditjen Ebtke, Perwakilan DPR RI komisi VII, Kapolres Takakar yang diwakili oleh Kapolsek Mapsu, Dandim 1426 Takalar yang diwakili oleh Danramil Mapsu, Kepala bidan Penyuluhan Pertanian Kab.Takalar, Para kepala desa/dusun/iman Desa se-kepulauan tanakeke. para Murid SMPN 4 Mapsu (desa balang datu).

Dok. Humas & Protokol

Social Facebook

Social Twitter

Alamat Kantor

Jalan Jend. Sudirman No. 26 Takalar 92212
Telp. (0418) 21116, 21132
Fax. (0418)21105
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.