You are here: Home

BUPATI TAKALAR INGINKAN "GUDANG" INOVASI DESA Featured

Published in Ekonomi, Bisnis
Written by  30 December 2017
Rate this item
(0 votes)

Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan salah satu bentuk kegiatan pameran yang menghimpun kegiatan pembangunan masyarakat dan Desa yang telah dinilai inovatif, sekaligus sebagai ajang pertukaran pengetahuan, menyebarluaskan kegiatan inovatif serta penyebarluasan keberadaan penyedia jasa layanan teknis bagi masyarakat dan desa". Terang Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM saat memberikan sambutan dalam meresmikan BID di Gedung PKK Kab. Takalar. Sabtu, 30 Desember 2017.

Bursa Inovasi Desa kab. Takalar yang berlangsung sehari tersebut diselenggarakan oleh Pemda Takalar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Takalar yang melibatkan seluruh pengrajin di kab. Takalar baik di bidang kuliner maupun hasil kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual beli yang dapat menarik perhatian wisatawan dari luar daerah. Turut hadir dalam peresmian BID tersebut Ketua Tim penggerak PKK Kab. Takalar, perwakilan DPMD Prov. SulSel, para pimpinan POD,  para Camat dan lurah/Desa se Kab. Takalar.

Pada kesempatan yang sama, Beliau juga menginginkan kepada instansi terkait agar dapat membuat suatu "Gudang" inovasi desa bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui secara detail seluk beluk dan perkembangan kabupaten takalar dari masa ke masa sehingga regenerasi ke depan dapat menjadikan bank inovasi ini sebagai lokasi atau musium untuk menimbah ilmu pengetahuan sejarah Kab. Takalar.

Lanjut dijelaskan, bursa inovasi desa merupakan dari kegiatan Program Inovasi Desa (PID) yang hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping, dalam pengembangan potensi ekonomi lokal, kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

Diakhir sambutannya beliau berharap peran pendamping desa dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) untuk membantu memfasilitasi program inovasi desa yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan desa terhadap layanan teknis yang berkualitas untuk merangsang munculnya inovasi dalam praktik pembangunan dan solusi inovatif untuk menggunakan dana desa secara tepat dan seefektif mungkin.

Usai meresmikan Bursa Inovasi Desa Kab. Takalar di Gedung PKK Kab. Takalar, Bupati Takalar bersama ketua Tim Penggerak PKK Kab. Takalar meninjau ke stand BID di Baruga Kr. Bainea kab. Takalar yang memamerkan hasil kerajinan tangan dari tanah liat dan kuliner khas kab. Takalar.

(Dok. Humas & Protokol)

Social Facebook

Social Twitter

Alamat Kantor

Jalan Jend. Sudirman No. 26 Takalar 92212
Telp. (0418) 21116, 21132
Fax. (0418)21105
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.