You are here: Home

PERESMIAN JALAN PADJONGA DAENG NGALLE Featured

Published in Pemerintahan
Written by  09 November 2017
Rate this item
(0 votes)

Dalam Rangka ulang tahun Kota Makassar yang Ke-410 Tahun, Pemkot Makassar melakukan penggantian nama jalan dari sebelumnya jalan Kakatua menjadi Jalan Padjonga Daeng Ngalle yang peresmiannya dilakukan langsung oleh Walikota Makassar, Muh. Ramdhan Pomanto. Hadir dalam acara peresmian jalan tersebut yakni keluarga besar atau keturunan dari H. Padjonga Daeng Ngalle yang diwakili langsung oleh cucu beliau yaitu Andi Makmur A. Sadda, MM, Wabup Takalar H. M. Natsir Ibrahim, SE, Sekda Takalar DR. Ir. H. Nirwan Nasrullah, M.Si, Ketua DPRD Kab. Takalar Muh. Djabir Bonto, SE.,MM, SKPD Kota Makassar dan Takalar, Forkopimda dari kota Makassar dan Takalar, Tokoh Adat Masyarakat se-Kab. Takalar serta masyarakat takalar yang turut serta menghadiri acara peresmian jalan. Kamis, 09 Nopember 2017.

Andi Makmur A. Sadda selaku keturunan langsung dari H. Padjonga Daeng Ngalle mengatakan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan keluarga sekaligus kebanggaan terbesar buat masyarakat terkhusus masyarakat Takalar karena ini merupakan suatu penghargaan besar dari pemerintah terkhusus dari Pemerintah kota Makassar.

Wakil Bupati Takalar H. M. Natsir Ibrahim,SE dalam sambutannya mengatakan penetapan jalan ini merupakan moment hari jadi Kota Makassar yang ke 410 Tahun dan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Pemda masyarakat Takalar khususnya juga bagi Indonesia karena ini menjadi bukti sebagai pahlawan nasional. Penetapan jalan Padjonga Daeng Ngalle yang diabadikan menjadi jalan di Kota Makassar yang sebagai ibukota Provinsi Sulsel merupakan wujud dari kesadaran nasional. Kita khususnya pemkot Makassar telah member  makna terhadap perjuangan para pahlawan nasional bangsa kita yang di khususkan kepada H. Padjonga Daeng Ngalle. Lanjut dikatakan pemerintah kabupaten takalar bersama masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Walikota Makassar dan Pimpinan DPRD Kota Makassar dalam penetapan jalan ini.

Walikota Makassar Muh. Ramdhan Pomanto dalam sambutannya mengatakan pihaknya berharap dengan penggunaan nama pahlawan sebagai nama jalan, dimana jalan Padjonga Daeng Ngalle merupakan jalan baru yang menggantikan nama Jalan Kakatua. Penggunaan  nama jalan pahlawan ini merupakan penghargaan kepada para pahlawan kita terutamanya para pahlawan yang ada di Sulawesi selatan karena jika kita ingin dihargai oleh bangsa lain maka kita harus menghargai para pahlawan dan sejarah kita.

 

Dok. Humas & Protokol)

Social Facebook

Social Twitter

Alamat Kantor

Jalan Jend. Sudirman No. 26 Takalar 92212
Telp. (0418) 21116, 21132
Fax. (0418)21105
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.