You are here: Home

BIMBINGAN MANASIK JAMAAH HAJI KAB. TAKALAR TAHUN 1438 H / 2017 MASEHI

Published in Berita Lainnya
Written by  11 July 2017
Rate this item
(0 votes)

Bupati Takalar DR. H. Burhanuddin Baharuddin, SE.Ak.M.Si membuka secara resmi Bimbingan Manasik Jamaah Haji Kabupaten Takalar Tahun 1438 Hijriyah / 2017 Masehi di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar dihadiri wakil Bupati Takalar H. M. Natsir Ibrahim, SE.,MM, Kepala Kemenag Takalar, Kabag Kesra dan Kasi Kemenag Takalar. Selasa, 11 Juli 2017.

Bimbingan manasik Jamaah Haji berlangsung selama 2 hari dari tanggal 11 s/d 12 Juli 2017 dengan tujuan memberikan pengetahuan awal tentang penyelenggaraan Ibadah haji dan memberikan bekal akhir tentang manasik haji. Adapun materi yang akan disampaikan pada bimbingan Manasik Haji tersebut adalah kebijakan Pemerintah dalam penyelenggaraan Ibadah Haji, kebijakan Teknis kesehatan haji, pembentukan kloter dan keselamatan penerbangan, pemantapan manasik haji berbasis qalbu dan melestarikan kemabruran haji serta pembentukan regu dan rombongan. 

Jamaah Haji Kab. Takalar untuk Tahun 2017 ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah sebanyak 266 orang dengan rincian 75 orang laki-laki dan 191 orang Perempuan tergabung di kloter 12 bersama Jamaah Haji asal Makassar dan Maluku Utara. Dan berdasarkan jadwal keberangkatan akan masuk asrama sudiang pada tanggal 5 Agustus 2017 dan Insya Allah akan diterbangkan menuju Arab Saudi pada tanggal 6 Agustus 2017. 

Kepala Kemenag Takalar Dra. H. Adliah, SH dalam laporannya menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan Bimbingan manasik haji ini berdasar pada UU No. 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji, keputusan Menteri Agama RI no. 371 Tahun 2002 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan Umrah serta hasil keputusan rapat penetuan kloter jamaah haji Tahun 1437 H/2016 H di kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sul-Sel. Dilaporkan pula bahwa jamaah Haji Kabupaten Takalar yang akan diberangkatkan dan mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tahun 2017 ini berasal dari 8 kecamatan dengan rincian Kec. Polut sebanyak 87 orang, Kec. Pattallassang 70 orang, Kec. Galesong 32 orang, Kec. Galut 39 orang, Kec. GalSel 13 orang, Kec. Mappakasunggu/Sanrobone 18 orang, Kec. PolSel 19 orang dan Kec. Mangarabombang sebanyak 19 orang. Jamaah Haji di tahun 2017 adalah pendaftar dari 12 Februari s/d 3 Juni 2009.

Bupati Takalar dalam membuka Bimbingan manasik haji tersebut mengatakan diantaranya bahwa Setiap menjelang keberangkatan menunaikan rukun Islam kelima, kita umat Islam Indonesia, termasuk kita di Kabupaten Takalar, selalu diselenggarakan bimbingan manasik haji untuk membekali kepada para jamaah agar mengetahui, memahami dan melaksanakan aturan-aturan sesuai dengan ajaran agama islam yang juga sejalan dengan nilai-nilai budaya kita sebagai bangsa yang beradab. Itulah sebabnya, pemerintah menganggap sangat penting diselenggarakan manasik haji sebelum berangkat ke tanah suci. Lanjut dikatakan, Manasik ini sangat dibutuhkan agar para jamaah haji, dapat memahami mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji. Melalui manasik, para jamaah calon haji akan memperoleh pembekalan tentang tata laksana haji.

Dalam akhir sambutannya Beliau berharap agar manasik haji ini juga diharapkan dapat memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi Jamaah Haji sehingga para Jamaah dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam. Tidak melebih-lebihkan dan juga tidak mengurangi rukun dan syarat haji dan para jamaah diharapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik. 

 

(Dok. Humas & Protokol)

Social Facebook

Social Twitter

Alamat Kantor

Jalan Jend. Sudirman No. 26 Takalar 92212
Telp. (0418) 21116, 21132
Fax. (0418)21105
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.